NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
TEMA
|
MATERI
|
KELAS
|
INDIKATOR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
4.2 Menceritakan pengalaman pribadi, profil
tokoh, kegiatan, atau peristiwa dengan menggunakan tata krama .
|
Nuladha
labuh-labete pahlawan.
|
Profil tokoh
|
VII/2
|
4.2.4 Menulis sandhangan swara
|
2
|
4.2 Menulis berbagai bentuk kalimat
dengan menggunakan ragam bahasa dan
gaya berbahasa (basa rinengga /lalonget)
|
Gotong royong.
|
Basa riengga
|
VIII/1
|
4.2.2.Membuat paragraf
menggunakan kalimat yang memuat paribasan/ parèbhȃsȃn .
|
3
|
3.4 Memahami
struktur teks, unsur kebahasaan dalam menulis berbagai jenis surat,
iklan, dan reklame sesuai konteks.
|
Njaga kesehatan
kanthi sara Toga
|
Iklan
|
VIII/1
|
3.4.3 Mengidentifikasi
unsur kebahasaan dalam iklan/ reklame.
|
4
|
3.1
Mengidentifikasi,
memahami dan menganalisis struktur
teks, unsur kebahasaan, dan pesan moral cerita fiksi (wayang/ cerkak/folklor/ topèng ḍhâlâng) secara lisan dan
tulis.
|
Sayuk rukun ing
bebrayan.
|
Cerita pendek
|
VIII/1
|
3.1.2 Menganalisis struktur teks cerita pendek.
|
5
|
3.4 Memahami struktur teks, unsur kebahasaan dalam
menulis berbagai jenis surat, iklan, dan reklame sesuai konteks.
|
Layang Sarana
Cecaturan Tulis Kang Perlu Dilestarekake
|
Layang
|
VIII/2
|
3.4.1
Mengidentifikasi
struktur teks surat pribadi.
|
6
|
3.5
Memahami struktur teks, unsur kebahasaan, dan pesan
moral tembang macapat secara lisan
dan tulis.
|
Nglagokake lan
mangerteni tembang Macapat
|
Dhandhanggula
|
VIII/2
|
3.5.1
Menjelaskan guru gatra/ paddhâ andhegghân tembang
macapat Dhandhanggula / Artatè.
|
7
|
3.1
Memahami teks hasil observasi dalam bentuk laporan.
|
Ngeluri
warisane leluhur.
|
Laporan
observasi
|
IX/1
|
3.1.1 Mengidentifikasi struktur teks laporan
hasil observasi.
|
8
|
3.2 Memahami struktur teks, unsur kebahasaan, dan pesan
moral dari teks drama tradisional (wayang/
topèng ḍhâlâng/ kethoprak /ludruk).
|
Nuwuhake
sikap kreatif lumantar seni.
|
Drama tradhisional
|
IX/1
|
3.2.1 Menjelaskan struktur teks drama
tradisional
|
|
|
|
|
|
3.2.2 Menjelaskan ciri-ciri bahasa dalam teks
drama tradisional.
|
|
|
|
|
|
3.2.3 Menjelaskan pesan moral drama
tradisional.
|
9
|
3.5
Memahami struktur teks, kaidah,
dan unsur kebahasaan dalam menulis laporan kegiatan
|
Mangayubagya
sakabehe kegiyatan sekolah.
|
Kegiyatan ing sekolah
|
IX/2
|
3.5.1
Mengidentifikasi struktur teks laporan kegiatan.
|
|
|
|
|
|
3.5.2Mengidentifikasi
unsur kebahasaan teks laporan kegiatan.
|
10
|
4.5 Menulis laporan kegiatan sesuai kaidah.
|
Mangayubagya
sakabehe kegiyatan sekolah.
|
Kegiyatan ing sekolah
|
IX/2
|
4.5.1 Menulis rumusan
tujuan penulisan laporan.
|
|
|
|
|
|
4.5.5 Menyalin
paragraf laporan kegiatan dengan aksara
Jawa/ carakan Madhurâ.
|
11
|
3.4
Memahami struktur teks, unsur
kebahasaan, dan pesan moral dari teks drama modern.
|
Drama modern
|
Drama modern
|
IX/2
|
3.4.1 Menjelaskan struktur teks drama modern.
|
|
|
|
|
|
3.4.2Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam
teks drama modern.
|
|
|
|
|
|
3.4.3Mengidentifikasi karakter masing-masing
tokoh dalam drama modern.
|
|
|
|
|
|
3.4.4 Menjelaskan pesan moral teks drama
modern.
|
Jumat, 05 Februari 2016
02.42
Study For a Better Life
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar