Selasa, 02 Februari 2016



1.   Bahasa Indonesia


Level Kognitif

Membaca  Nonsastra

Membaca Satra

Menulis Terbatas
Menyunting Kata, Kalimat,
Paragraf
Menyunting Ejaan
dan Tanda Baca
Pengetahuan dan pemahaman
·   Mengidentifikasi
·   Menentukan
·   Memaknai
Siswa mampu
- menentukan makna kata/kalimat pada teks
- menentukan informasi tersurat teks
- menentukan bagian teks
Siswa mampu
-  menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
-  menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
-  menentukan bagian
cerpen dan fabel
Siswa mampu
-  melengkapi teks dengan kata atau kalimat
Siswa mampu
 menunjukkan kesalahan penggunaan kata, kalimat, kepaduan paragraf
Siswa mampu
-  menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan atau tanda baca
Aplikasi
·   Menunjukkan bukti
·   Menyimpulkan
·   Menemukan ide
·   Menginterpretasikan
·   Menggunakan
·   Menyusun
Siswa mampu
- menentukan ide pokok teks
- menyimpulkan isi teks
- menyimpulkan pendapat (pro/kontra)
- meringkas isi teks
Siswa mampu
-  menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
-  menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
-  menyimpulkan sebab/akibat konflik
Siswa mampu
-  menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
-  melengkapi kata, kalimat, paragraf
Siswa mampu
 menggunakan istilah dalam kalimat
 menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Siswa mampu
-  menggunakan  ejaan
-  menggunakan tanda baca
Penalaran
·   Mengevaluasi
·   Membandingkan
·   Menanggapi
·   Merefleksi
Siswa mampu
- membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks
- menilai keunggulan/
kelemahan karya sastra
Siswa mampu
-  membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
-  membandingkan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
-  mengomentari isi, pola pengembangan/ bahasa
Siswa mampu
-  mengubah teks ke dalam bentuk lain
-  menulis teks singkat
sesuai dengan konteks
Siswa mampu
 memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
 menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Siswa mampu
-  memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
-  menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
Keterangan
Jenis teks yang digunakan adalah:
Teks laporan, eksposisi, ulasan, biografi, prosedur, tanggapan kritis, cerpen, dan fabel

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016




Level Kognitif

Fungsi Sosial

Struktur Teks

Unsur Kebahasaan
Pengetahuan dan Pemahaman
-    Mengidentifikasi
Siswa mampu:
-       mengidentifikasi topik/tujuan teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Siswa mampu :
-       mengidentifikasi langkah kerja / urutan/alur/plot dari kejadian/peristiwa/  tindakan dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Siswa mampu:
-       mengidentifikasi ungkapan/kata yang memiliki makna yang sama yang terdapat  dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Aplikasi
·   Mengklasifikasi
·   Menentukan
·   menerapkan
Siswa mampu :
-       siswa mampu menerapkan fungsi detil dari setiap langkah /alat/peristiwa/ bagian/aspek yang ada disebutkan dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Siswa mampu:
-       siswa mampu menentukan susunan kata/kalimat acak  dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report) yang tepat
Siswa mampu:
-       menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report
-       menentukan bentuk gramatika yang tepat sesuai konteks dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report)
Penalaran
·   menyimpulkan
·   menganalis
Siswa mampu:
-       menyimpulkan fungsi/ akibat/efek setelah membaca teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report
Siswa mampu :
-       menyimpulkan hasil dari langkah- langkah tindakan yang terdapat dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report


KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016



Level Kognitif
Fungsi Sosial
StrukturTeks
UnsurKebahasaan
Pengetahuan dan pemahaman
-      Mengidentifikasi
Siswa dapat:
-  Mengidentifikasi topik/tujuan teks fungsional pendek
 Invitation
 Announcement
 Advertisement
 Letter; Esai pendek
 Descriptive
 Procedure
 Recount
 Narrative
 Report
Siswa dapat :
-  Mengidentifikasi langkah kerja
/urutan/alur/plot dari kejadian/peristiwa/ tindakan dalam teks esai pendek:
 Procedure
 Recount
 Narrative
 Descriptive
 Report
Siswa dapat:
-      Mengidentifikasi ungkapan/kata yang memiliki makna yang sama dalam teks fungsional pendek
-     Invitation
-     Announcement
-     Advertisement
-     Letter; Esai pendek
-     Descriptive
-     Procedure
-     Recount
-     Narrative
-     Report

-      Menentukan kata atau bentuk gramatika yang tepat untuk melengkapi teks esai pendek
-     Narrative
-     Recount
-     Procedure
Penerapan
·    Mengklasifikasi
·    Menentukan
·    menerapkan
Siswa dapat :
-    Menerapkan fungsi detil dari setiap langkah /alat/peristiwa/ bagian/aspek yang ada disebutkan dalam teks fungsional pendek
 invitation
 announcement
 advertisement
 Letter; Esai pendek
 Descriptive
 Procedure
 Recount
 Narrative
Siswa dapat:
- Menjelaskan keterkaitan antara langkah satu dengan yang lainnya dalam teks fungsional pendek
 Invitation
 Announcement
 Advertisement
 Letter; Esai pendek
 Descriptive
 Procedure
 Recount
 Narrative
 Report

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016



Level Kognitif
Fungsi Sosial
StrukturTeks
UnsurKebahasaan

 Report

-  Menentukan susunan kata yang tepat dalam kalimat yang terdapat dalam teks esai pendek
 Descriptive
 Procedure
 Recount
 Narrative
 Report

Penalaran
·    menyimpulkan
·    menganalisis
Siswadapat:
-  Menentukan akibat setelah membaca teks fungsional  pendek
 Invitation
 Announcement
 Advertisement
 Letter; Esai pendek
-    Descriptive
-    Procedure
-    Recount
-    Narrative
-    Report
Siswadapat :
-       Menyimpulkan hasil dari langkah yang dilakukan atau tidak dilakukan dalam teks fungsional pendek
-     Invitation
-     Announcement
-     Advertisement
-     Letter; Esai pendek
-     Descriptive
-     Procedure
-     Recount
-     Narrative
-     Report
















KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016




Level Kognitif

Bilangan

Aljabar

Geometri dan Pengukuran

Statistika dan Peluang
Pengetahuan dan
Pemahaman
·   Mendeskripsikan
·   Membuat tabulasi
·   Menghitung
·   Menginterpretasi
·   Memprediksi
·   Menentukan
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang:
-       operasi bilangan bulat dan sifat-sifatnya
-       operasi bilangan pecahan dan sifat-sifatnya
-       operasi bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya
-      operasi bilangan bentuk akar
dan sifat-sifatnya
-      pola barisan bilangan
-      barisan dan deret
-      aritmetika sosial
-      perbandingan
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang:
-      bentuk aljabar
-       persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
-       sistem persamaan linier dua variabel
-      himpunan dan diagram
venn
-      relasi atau fungsi
-      persamaan garis lurus
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang:
-       hubungan garis dan sudut serta ukurannya
-       konsep segiempat dan segitiga serta ukurannya
-      teorema pythagoras
-       unsur/bagian lingkaran serta ukurannya
-       unsur bangun ruang sisi datar maupun lengkung
-       luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar maupun lengkung
-       kesebangunan dan kongruen bangun datar
Siswa dapat memahami pengetahuan tentang:
-       menyajikan dan mendeskripsikan data dalam bentuk diagram batang, garis atau lingkaran
-       rata-rata, median, modus
-       titik sampel, ruang sampel dan peluang
Aplikasi
·   Mengklasifikasi
·   Mengeskperimen data
·   Mengonstruk
·   Menyelesaikan masalah
Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
-       operasi bilangan bulat dan sifat-sifatnya
-       operasi bilangan pecahan dan sifat-sifatnya
-       operasi bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya
-       operasi bilangan bentuk  akar dan sifat-sifatnya
-      pola barisan bilangan
-      perbandingan
-      aritmetika sosial
Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
-       persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
-      operasi dua himpunan
-      relasi atau fungsi
-      persamaan garis lurus
-        sistem persamaan linier dua variabel
Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
-      teorema Pythagoras
-      unsur-unsur/bagian  lingkaran
-      unsur-unsur bangun ruang
-       kesebangunan dan kekongruenan segitiga
-       luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar maupun lengkung
Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:
-       rata-rata, median, modus
-       penyajian data dalam bentuk diagram batang, garis atau lingkaran
-       ruang sampel dan peluang sederhana





KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016




Level Kognitif

Bilangan

Aljabar

Geometri dan Pengukuran

Statistika dan Peluang
Penalaran
·   Menjelaskan
·   Membedakan
·   Menafsirkan
·   Menyimpulkan
Siswa mampu menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
-      bilangan bulat
-      pecahan
-      barisan dan deret
-      aritmetika sosial
-      perbandingan
Siswa mampu menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
-       persamaan linier dua variabel
-       penggunaan konsep himpunan
-      penggunaan konsep fungsi
Siswa mampu menggunakan nalar yang berkaitan dengan:
-      kesebangunan segitiga
Siswa mampu menggunakan nalar yang berkaitan
dengan:
-       rata-rata, median, modus
-       penyajian data dalam bentuk diagram batang, garis atau lingkaran


































KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016



4.1 BIOLOGI


Level Kognitif

Makhluk hidup dan lingkungannya

Struktur dan fungsi makhluk hidup
Pengetahuan
·     Mengidentifikasi
·     Mendeskripsikan
·     Mengklasifikasi
·     Menunjukkan
·     Menjelaskan
·     Menentukan
Siswa mampu memahami dan menguasai konsep:
-      gejala alam biotik dan abiotik
-      ciri-ciri/karakteristik  makhluk hidup
-      keragaman pada sistem organisasi kehidupan
-      interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
Siswa mampu memahami dan menguasai konsep:
-      sistem gerak pada manusia
-      sistem pencernaan manusia
-      sistem peredaran darah
-      sistem pernafasan
-      sistem ekskresi
-      sistem reprodusi manusia
-      jaringan tumbuhan
-      kelangsungan hidup organisme melalui kemampuan bereproduksi
Aplikasi
·     Memberi contoh
·     Menyimpulkan
·     Menerapkan
·     Menghubungkan
·     Memprediksi
·     Membandingkan
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-      interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
-      kepadatan populasi manusia
-      pencemaran lingkungan
-      alat untuk mengenal gejala-gejala kehidupan
-       prosedur pengklasifikasian makhluk hidup
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-      faktor-faktor yang berpengaruh pada sistem gerak
-      percobaan dalam sistem pencernaan
-      mekanisme peredaran darah
-      percobaan sistem pernapasan
-      menjaga kesehatan sistem ekskresi
-      kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia
-      keterkaitan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
-      percobaan fotosintesis
-      kelangsungan hidup organisme melalui kemampuan bereproduksi
Penalaran
·      Menganalisis
·      Mensintesis
·      Mengevaluasi
·      Menilai
·      Memperpimbangkan
·      Memecahkan masalah
·      Memberi argumen
Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
-       pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
-       dampak interaksi makluk hidup dan lingkungannya
-       pengaruh kepadatan populasi manusia pada makhluk hidup dan lingkungannya
Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
-     keterkaitan antara sistem organ pada manusia
-     keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan
-     pola hidup sehat
-      manfaat perkembangbiakan  tumbuhan dan hewan untuk kesejahteraan manusia
-     percobaan fotosintesis



KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016



4.2 FISIKA-KIMIA


Level Kognitif

Pengukuran, zat dan sifatnya

Mekanika dan Tata Surya

Gelombang, Listrik dan Magnet
Pengetahuan dan pemahaman
·    Mengidentifikasi
·    Menyebutkan
·    Menunjukkan
·    Membedakan
·    Mengelompokkan
·    Menjelaskan
Siswa mampu memahami tentang:
-  pengukuran
-  besaran dan satuan
-  konsep zat dan wujudnya
-  zat serta perubahannya
-  zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
-  partikel zat
-  pencemaran
-  campuran
-  larutan
Siswa mampu memahami tentang:
-    gerak lurus
-    hukum newton
-    usaha dan energi
-    pesawat sederhana
-    suhu dan kalor
-    tekanan
-    tata surya
Siswa mampu memahami tentang:
-    getaran dan gelombang
-    bunyi
-    optik
-    listrik dan magnet
Aplikasi
·    Mengklasifikasi
·    Menginterpretasi
·    Menghitung
·    Mendeskripsikan
·    Memprediksi
·    Mengurutkan
·    Membandingkan
·    Menerapkan
·    Memodifikasi
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
-    pengukuran
-    konsep zat dan wujudnya
-    zat serta perubahannya
-    zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
-    partikel zat
-    pencemaran
-    campuran
-    larutan
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
 gerak lurus
 hukum newton
 usaha dan energi
 pesawat sederhana
 suhu dan kalor
 tekanan
 tata surya
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
 getaran dan gelombang
 bunyi
 optik
 listrik dan magnet
Penalaran dan logika
·    Menemukan
·    Menyimpulkan
·    Menggabungkan
·    Menganalisis
·    Memecahkan masalah
·    Merumuskan
Siswa mampu bernalar tentang:
-    pengukuran
-    konsep zat dan wujudnya
-    zat serta perubahannya
-    zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika
-    partikel zat
-    pencemaran
-    campuran
-    larutan
Siswa mampu bernalar tentang:
 gerak lurus
 hukum newton
 usaha dan energi
 pesawat sederhana
 tekanan
 suhu dan kalor
Siswa mampu bernalar tentang:
 getaran dan gelombang
 bunyi
 optik
 listrik dan magnet







KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs 2015-2016

0 komentar:

Posting Komentar

Design by CM Studio | Jasa Fotografi, Videografi dan Website, TERJANGKAU + BERKUALITAS ~> CM Studio