TAHUN
PELAJARAN 2015-2016
Jenis Sekolah SMP
Alokasi Waktu : 120meni
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesi
Kelas :
IX / 9
Jumlah Soal : 50 Soal
Kurikulum :
Irisan
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
Tahun Pelajaran 2015-2016 Penyusun :
Tim MGMP
No.
Urut
|
Level Kompetensi
Lulusan
|
Materi
|
Kemampuan yang Diuji
|
IndikatorSoal
|
No. Soal
|
Kunci Jawaban
|
1
|
Pengetahuandanpemahaman
Mengidentifikasi
Menentukan
Memaknai
|
Membaca Nonsastrta
|
1.
Menentukan makna kata atau kalimat di dalam teks.
|
·
Disajikan kutipan teks laporan , siswa dapat memilih makna kata yang dicetak miring tersebut dengan benar dariempatopsi yang disediakan
|
1
|
|
2.
Menentukaninformasi tersurat teks
|
·
Disajikan paragraf teks eksposisi, siswa dapat
menentukan isi teks tersebut dengan benar dari empat opsi
yang disediakan
|
2
|
|
|||
3.
Menentukan bagian teks
|
·
Disajikan paragraf teks ulasan , siswa dapat
menentukanbagian teks tersebut dengan
benar dari empat opsi yang disediakan
|
3
|
|
|||
·
Disajikan paragraf teks biografi, siswa dapat menentukan bagian teks tersebutdenganbenardariempat opsi yang disediakan
|
4
|
|
||||
·
Disajikanteks prosedur, siswadapatmenentukan bagian teks tersbut denganbenardariempatopsi yang disediakan
|
5
|
|
||||
Membaca Sastra
|
4.
Menentukan makna kata dalam teks fabel dan cerpen
|
·
Disajikan penggalan teks cerpen atau fabel , siswa dapat memiilih makna kata yang dicetak miring dengan benar dari
empat opsi yang disediakan
|
6
|
|
||
5.
Menentukan makna tersurat dalam teks fabel dan cerpen
|
·
Disajikan penggalan teks fabel , siswa dapat memilih pesan tersurat dari trks tersebut yang benar dari empat opsi yang disediakan
|
7
|
|
|||
·
Disajikan penggalan teks cerpen , siswa dapat memilih pesan tersurat dalam penggalan fabel yang benar dari empat opsi yang disediakan
|
8
|
|
||||
6.
Menentukan bagian teks
|
·
Disajikan penggalan teks cerpen, siswa dapat menentukan
bagian trks tersebut dengan benar dari empat opsi yang disediakan
|
9
|
|
|||
|
·
Disajikan penggalan teks fabel , siswa dapat menentukan
bagian trks tersebut dengan benar dari empat opsi yang disediakan
|
10
|
|
|||
Menulis Terbatas
|
7.
Mengidentifikasi kelengkapan teks
|
·
Disajikan penggalan paragraf rumpang teks ulasan, siswa
dapat menentukan kalimat yang sesuai untuk melengkapi teks
tersebut dengan tepat dari empat opsi
yang disediakan
|
11
|
|
||
·
Disajikan penggalan paragraf rumpang teks tanggapan
kritis, siswa dapat menentukan kalimat yang sesuai untuk melengkapi teks tersebut dengan tepat dari empat opsi yang
disediakan
|
12
|
|
||||
·
Disajikan penggalan paragraf rumpang teks prosedur,
siswa dapat menentukan kalimat yang sesuai untuk melengkapi teks tersebut dengan tepat dari empat opsi yang
disediakan
|
13
|
|
||||
·
Disajikan penggalan paragraf rumpang teks laporan,
siswa dapat menentukan kalimat yang sesuai untuk melengkapi teks tersebut dengan tepat dari empat opsi yang
disediakan
|
14
|
|
||||
Menyunting Kata , Kalimat, dan paragraf
|
8.
Mengidentifikasi kesalahan ejaan, pilihan kata
|
·
Disajikan penggalan teks tanggapan kritis rumpang, siswa dapat menentukan
pilihan kata yang tepat tersebut dengan benar dari empat opsi yang
disediakan
|
15
|
|
||
·
Disajikan penggalan teks eksposisi rumpang , siswa
dapat menentukan kata penghubung
dengan tepat dari empat opsi yang disediakan
|
16
|
|
||||
·
Disajikan penggalan teks prosedur rumpang, siswa dapat
menentukan kata baku tersebut dengan
benar dari empat opsi yang disediakan
|
17
|
|
||||
Menyunting ejaan dan tanda baca
|
9.
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
|
·
Disajikan penggalan paragraf teks tanggapan kritis,
siswa dapat menentukan penggunaaan tanda baca yang benar dari empat opsi yang
disediakan
|
18
|
|
||
·
Disajikan penggalan paragraf dari teks ulasan, siswa
dapat menentukan ejaan kata yang benar dari kata kata yang dicetak miring
dengan benar dari empat opsi yang disediakan
|
19
|
|
||||
·
Disajikan kutipan teks cerpen, siswa dapat menentukan penggunaan ejaan yang benar dari kata yang dicetak
miring dengan benar dari empat
opsi yang disediakan.
|
20
|
|
||||
2.
|
Aplikasi
Menunjukkanbukti
Menyimpulkan
Menemukanide
Menginterpretasikan
Menggunakan
Menyusun
|
Membaca Nonsastra
|
10.
Menentukan ide pokok teks
|
·
Disajikan paragraf teks laporan, siswadapatmenentukan ide pokok teks tersebutdenganbenardariempatopsi yang disediakan.
|
21
|
|
·
Disajikan paragraf teks ekpsosisi, siswadapatmenentukan ide pokok teks tersebutdenganbenardariempatopsi yang disediakan.
|
22
|
|
||||
·
Disajikan paragraf teks ulasan, siswadapatmenentukan ide pokok teks tersebutdenganbenardariempatopsi yang disediakan.
|
23
|
|
||||
·
Disajikan paragraf teks biografi, siswadapatmenentukan ide pokok teks tersebutdenganbenardariempatopsi yang disediakan.
|
24
|
|
||||
·
Disajikan paragraf teks prosedur, siswadapatmenentukan ide pokok teks tersebutdenganbenardariempatopsi yang disediakan.
|
25
|
|
||||
11. Memnyimpulkan isi teks
|
·
Disajikan paragraf teks tanggapan kritis , siswa dapat
menentukan kesimpulan dari teks tersebut dengan benar dari empat opsi yang
disediakan.
|
26
|
|
|||
12. Menyimpulkan
pendaoat(pro/kontra)
|
·
Disajikan paragraf teks tanggapan kritis siswa dapat
menentukan rangkuman paragraf yang benar dari empat opsi
yang disediakan.
|
27
|
|
|||
13. Meringkas teks
|
·
Disajikan dua paragraf teks ekposisi, siswa dapat memilih ringkasan teks yang sesuai dengan paragraf tersebut dari empat opsi yang disediakan.
|
28
|
|
|||
Membaca sastra
|
14. Menyimpulkan makna simbul dalam cerpen dan fabel
|
·
Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan
makna simbul yang ada dalam cerpen tersebut dengan tepat dari empat opsi yang disediakan.
|
29
|
|
||
·
Disajikan penggalan fabel, siswa dapat menentukan makna
simbul yang ada dalam cerpen tersebut dengan tepat dari empat opsi yang disediakan.
|
30
|
|
||||
15. Menyimpulkan isi tersurat
|
·
Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan
kesimpulan tersirat yang ada dalam
cerpen tersebut dengan tepat dari empat opsi yang
disediakan.
|
31
|
|
|||
·
Disajikan penggalan fabel , siswa dapat menentukan
kessismpulan tersirat dalam fabel
tersebut dengan tepat dari empat opsi yang
disediakan.
|
32
|
|
||||
16 . Menyimpulkansebab/akibatkonflik
|
·
Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan
konflik yang ada dalam cerpen tersebut
dengan tepat dari empat opsi yang
disediakan.
|
33
|
|
|||
Disajikan penggalan
fabel, siswa dapat menentukan penyebab masalah yang ada dalam fabel tersebut dengan tepat dari empat opsi yang disediakan.
|
34
|
|
||||
Menulis terbatas
|
16. Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
|
·
Disajikan beberpa kalimat acak dari teks prosedur,
siswa dapat memilih urutan kalimat
dengan benar dari empat opsi yang disediakan.
|
35
|
|
||
·
Disajikan beberpa kalimat dari teks prosedur yang rumpang , siswa
dapat memilih kalimat yang tepat untuk menlengkapi dengan benar dari empat opsi yang
disediakan.
|
36
|
|
||||
Menyuntingkata, kalimat dan paragraf
|
17. Menggunakan istilah dan
kata bentukan
|
·
Disajikan kalimat/paragraf dengan pilihan istilah yang
salah, siswa dapat menentukan pilihan istilah yang benar dari empat opsi yang
disediakan.
|
37
|
|
||
·
Disajikan paragraf dengan pilihan kata bentukan yang
salah , siswa dapat menentukan kata bentukan
yang tepat dari empat opsi yang disediakan.
|
38
|
|
||||
Menyunting ejaan dan
tanda baca
|
18. Menggunakan ejaan dan tanda baca
|
·
Disajikan kalimat yang menggunakan ejaan yang salah,
siswa dapat menentukan ejaan yang benar dengan benar dari empat opsi yang
disediakan.
·
Disajikan kalimat yang menggunakan tanda baca ynag
salah, siswa dapat menentukan tanda
baca yang benar dengan benar dari empat opsi yang disediakan.
|
39
40
|
|
||
3
|
Penalaran
Mengevaluasi
Membandingkan
Menanggapi
Merefleksi
|
Membaca Nonsastra
|
19. Membandingkan penggunaan
bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks
|
·
Disajikan dua paragraf teks laporan dan teks eksposisi,
siswa dapat menentukan perbedaan kedua teks tersebut dari pola penyajian teks
dengan benar dari empat opsi yang disediakan.
·
Disajikan dua paragraf teks laporan dan teks eksposisi,
siswa dapat menentukan perbedaan kedua teks tersebut dari bahasa penyajian
teks dengan benar dari empat opsi yang disediakan.
|
41
42
|
|
20. Menilai keunggulan atau
kelemahan karya sastra
|
·
Disajikan dua paragraf teks cerpen, siswa dapat
menentukan keunggulan dan kelemahan kedua teks tersebut dengan benar dari
empat opsi yang disediakan.
|
43
|
|
|||
Membaca Sastra
|
21. Membandingkan pola
pengembangan cerpen dan fabel
|
·
Disajikan dua penggalan
teks cerpen dan tesk fabel , siswa
dapat menentukan pola pengembangan ceritanya kedua teks tersebut dengan benar
dari empat opsi yang disediakan.
|
44
|
|
||
22. Membandingkan penggunaan
bahasa cerpen dan fabel
|
·
Disajikan dua penggalan
teks cerpen dan tesk fabel ,
siswa dapat membedakan penggunaan bahasa kedua teks tersebut dengan benar
dari empat opsi yang disediakan.
|
45
|
|
|||
Menulis terbatas
|
23. Mengubah teks ke dalam
bentuk lain
|
·
Disajikan penggalan
teks prosedur, siswa dapat mengubah teks tersebut menjadi teks
ekspoissi dengan benar dengan memilih dari empat opsi yang disediakan.
|
46
|
|
||
24. Menulis teks singkat
sesuai dengan konteks
|
·
Disajikan ilustrasi data , siswa dapat mengubah data tersebut menjadi teks singkat dengan benar dengan memilih dari empat opsi yang disediakan.
|
47
|
|
|||
Menyunting kata,
kalimat, paragraf
|
25. Memperbaiki kesalahan
penggunaan kata, kalimat, dan paragraf
|
·
Disajikan paragraf dengan kalimat yang sumbang, siswa
dapat memperbaiki dengan benar dengan
memilih dari empat opsi yang
disediakan.
|
48
|
|
||
Menyunting kesalahan ejaan dan tanda baca
|
26. Menentukan alasan
kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan paragraf
|
·
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan
konjungsi , siswa dapat memilih konjungsi yang tepat dengan benar dengan
memilih dari empat opsi yang disediakan.
|
49
|
|
||
27. Memperbaiki kesalahan
penggunaan ejaan dan tnda baca
|
·
Disajikan kalimat langsung dengan tanda baca dan ejaan
yang salah, siswa dapat memilih kalimat yang benar dengan memilih dari empat opsi yang disediakan.
|
50
|
|
|||
28. Menentukan alasan kesalahan
penggunaan ejaan dan tanda baca
|
·
|
51
|
|
0 komentar:
Posting Komentar