Rabu, 03 Februari 2016

TAHUN PELAJARAN 2015-2016
Jenis Sekolah SMP
Alokasi Waktu            : 120meni
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesi
Kelas                      : IX / 9                                                                                                  
Jumlah Soal            : 50 Soal
Kurikulum             : Irisan                                                                                                                     Bentuk Soal          : Pilihan Ganda
Tahun Pelajaran     2015-2016                                                                                                             Penyusun               : Tim MGMP


No.
Urut
Level  Kompetensi Lulusan
Materi
Kemampuan yang Diuji
IndikatorSoal
No. Soal
Kunci Jawaban
1


Pengetahuandanpemahaman
  Mengidentifikasi
  Menentukan
  Memaknai
Membaca Nonsastrta
1.         Menentukan makna kata atau kalimat di dalam  teks.
·     Disajikan kutipan teks laporan , siswa dapat memilih makna kata yang dicetak miring tersebut dengan benar dariempatopsi yang disediakan
1

2.         Menentukaninformasi  tersurat teks
·     Disajikan paragraf teks eksposisi, siswa dapat menentukan  isi  teks tersebut dengan benar dari empat opsi yang disediakan
2

3.         Menentukan bagian teks
·     Disajikan paragraf teks ulasan , siswa dapat menentukanbagian  teks tersebut dengan benar dari empat opsi yang disediakan
3

·     Disajikan paragraf teks biografi, siswa dapat menentukan bagian teks   tersebutdenganbenardariempat opsi yang disediakan
4

·     Disajikanteks prosedur, siswadapatmenentukan bagian teks tersbut denganbenardariempatopsi yang disediakan
5

Membaca Sastra
4.         Menentukan makna kata dalam teks fabel dan cerpen
·     Disajikan penggalan teks cerpen atau fabel  , siswa dapat memiilih makna kata yang dicetak miring dengan benar dari empat opsi yang disediakan
6

5.         Menentukan makna tersurat dalam teks fabel dan cerpen
·     Disajikan penggalan teks fabel , siswa dapat memilih pesan tersurat dari trks tersebut  yang  benar dari empat opsi yang disediakan
7

·     Disajikan penggalan teks cerpen , siswa dapat memilih pesan tersurat dalam penggalan fabel  yang  benar dari empat opsi yang disediakan
8

6.         Menentukan bagian teks
·     Disajikan penggalan teks cerpen, siswa dapat menentukan bagian trks tersebut dengan benar dari empat opsi yang disediakan
9


·     Disajikan penggalan teks fabel , siswa dapat menentukan bagian trks tersebut dengan benar dari empat opsi yang disediakan
10

Menulis Terbatas
7.         Mengidentifikasi kelengkapan teks

·     Disajikan penggalan paragraf rumpang teks ulasan, siswa dapat menentukan kalimat yang sesuai untuk melengkapi teks tersebut  dengan tepat dari empat opsi yang disediakan
11

·     Disajikan penggalan paragraf rumpang teks tanggapan kritis, siswa dapat menentukan kalimat yang sesuai untuk melengkapi teks tersebut  dengan tepat dari empat opsi yang disediakan
12

·     Disajikan penggalan paragraf rumpang teks prosedur, siswa dapat menentukan kalimat yang sesuai untuk melengkapi teks tersebut  dengan tepat dari empat opsi yang disediakan
13

·     Disajikan penggalan paragraf rumpang teks laporan, siswa dapat menentukan kalimat yang sesuai untuk melengkapi teks tersebut  dengan tepat dari empat opsi yang disediakan
14

Menyunting Kata , Kalimat, dan paragraf
8.         Mengidentifikasi kesalahan ejaan, pilihan kata

·     Disajikan penggalan teks tanggapan kritis rumpang, siswa dapat menentukan pilihan kata yang tepat  tersebut dengan benar dari empat opsi yang disediakan
15

·     Disajikan penggalan teks eksposisi rumpang , siswa dapat menentukan kata penghubung  dengan tepat dari empat opsi yang disediakan
16

·     Disajikan penggalan teks prosedur rumpang, siswa dapat menentukan kata baku  tersebut dengan benar dari empat opsi yang disediakan
17

Menyunting ejaan dan tanda baca
9.         Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
·     Disajikan penggalan paragraf teks tanggapan kritis, siswa dapat menentukan penggunaaan tanda baca yang benar dari empat opsi yang disediakan
18

·     Disajikan penggalan paragraf dari teks ulasan, siswa dapat menentukan ejaan kata yang benar dari kata kata yang dicetak miring dengan benar dari empat opsi yang disediakan
19

·     Disajikan kutipan teks cerpen, siswa dapat menentukan penggunaan ejaan yang benar dari kata yang dicetak miring dengan benar dari empat opsi yang disediakan.
20

2.
Aplikasi
  Menunjukkanbukti
  Menyimpulkan
  Menemukanide
  Menginterpretasikan
  Menggunakan
Menyusun
Membaca Nonsastra
10.     Menentukan ide pokok teks
·     Disajikan paragraf teks laporan, siswadapatmenentukan ide pokok teks tersebutdenganbenardariempatopsi yang disediakan.
21

·     Disajikan paragraf teks ekpsosisi, siswadapatmenentukan ide pokok teks tersebutdenganbenardariempatopsi yang disediakan.
22

·     Disajikan paragraf teks ulasan, siswadapatmenentukan ide pokok teks tersebutdenganbenardariempatopsi yang disediakan.
23

·     Disajikan paragraf teks biografi, siswadapatmenentukan ide pokok teks tersebutdenganbenardariempatopsi yang disediakan.
24

·     Disajikan paragraf teks prosedur, siswadapatmenentukan ide pokok teks tersebutdenganbenardariempatopsi yang disediakan.
25

11.     Memnyimpulkan isi teks
·     Disajikan paragraf teks tanggapan kritis , siswa dapat menentukan kesimpulan dari teks tersebut dengan benar dari empat opsi yang disediakan.
26

12.     Menyimpulkan  pendaoat(pro/kontra)
·     Disajikan paragraf teks tanggapan kritis siswa dapat menentukan rangkuman paragraf  yang benar dari empat opsi yang disediakan.
27

13.     Meringkas teks
·     Disajikan dua  paragraf teks ekposisi, siswa dapat memilih ringkasan  teks yang sesuai dengan paragraf tersebut dari empat opsi yang disediakan.
28

Membaca sastra
14.     Menyimpulkan makna simbul dalam cerpen dan fabel
·     Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan makna simbul yang ada dalam cerpen tersebut dengan tepat dari empat opsi yang disediakan.
29

·     Disajikan penggalan fabel, siswa dapat menentukan makna simbul yang ada dalam cerpen tersebut dengan tepat dari empat opsi yang disediakan.
30

15.     Menyimpulkan isi tersurat
·     Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan kesimpulan tersirat  yang ada dalam cerpen tersebut dengan tepat dari empat opsi yang disediakan.
31

·     Disajikan penggalan fabel , siswa dapat menentukan kessismpulan tersirat  dalam fabel tersebut dengan tepat dari empat opsi yang disediakan.
32

16 . Menyimpulkansebab/akibatkonflik
·     Disajikan penggalan cerpen, siswa dapat menentukan konflik  yang ada dalam cerpen tersebut dengan tepat dari empat opsi yang disediakan.
33

Disajikan penggalan fabel, siswa dapat menentukan penyebab masalah  yang ada dalam fabel tersebut dengan tepat dari empat opsi yang disediakan.
34

Menulis terbatas
16.     Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
·     Disajikan beberpa kalimat acak dari teks prosedur, siswa dapat memilih urutan kalimat  dengan benar dari empat opsi yang disediakan.
35

·     Disajikan beberpa kalimat  dari teks prosedur yang rumpang , siswa dapat memilih kalimat yang tepat untuk menlengkapi   dengan benar dari empat opsi yang disediakan.
36

Menyuntingkata, kalimat dan paragraf
17.     Menggunakan istilah dan kata bentukan
·     Disajikan kalimat/paragraf dengan pilihan istilah yang salah, siswa dapat menentukan pilihan istilah yang benar dari empat opsi yang disediakan.
37

·     Disajikan paragraf dengan pilihan kata bentukan yang salah , siswa dapat menentukan kata bentukan  yang tepat dari empat opsi yang disediakan.
38

Menyunting ejaan dan tanda baca
18.     Menggunakan ejaan dan tanda baca
·     Disajikan kalimat yang menggunakan ejaan yang salah, siswa dapat menentukan ejaan yang benar dengan benar dari empat opsi yang disediakan.
·     Disajikan kalimat yang menggunakan tanda baca ynag salah, siswa dapat menentukan  tanda baca yang benar dengan benar dari empat opsi yang disediakan.
39

40

3

Penalaran
  Mengevaluasi
  Membandingkan
  Menanggapi
  Merefleksi

Membaca Nonsastra
19.     Membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks
·     Disajikan dua paragraf teks laporan dan teks eksposisi, siswa dapat menentukan perbedaan kedua teks tersebut dari pola penyajian teks dengan benar dari empat opsi yang disediakan.
·     Disajikan dua paragraf teks laporan dan teks eksposisi, siswa dapat menentukan perbedaan kedua teks tersebut dari bahasa penyajian teks dengan benar dari empat opsi yang disediakan.
41

42

20.     Menilai keunggulan atau kelemahan karya sastra
·     Disajikan dua paragraf teks cerpen, siswa dapat menentukan keunggulan dan kelemahan kedua teks tersebut dengan benar dari empat opsi yang disediakan.

43

Membaca Sastra
21.     Membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
·     Disajikan dua penggalan  teks cerpen  dan tesk fabel , siswa dapat menentukan pola pengembangan ceritanya kedua teks tersebut dengan benar dari empat opsi yang disediakan.

44

22.     Membandingkan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
·     Disajikan dua penggalan  teks cerpen  dan tesk fabel , siswa dapat membedakan penggunaan bahasa kedua teks tersebut dengan benar dari empat opsi yang disediakan.

45

Menulis terbatas
23.     Mengubah teks ke dalam bentuk lain
·     Disajikan  penggalan  teks prosedur, siswa dapat mengubah teks tersebut menjadi teks ekspoissi  dengan benar dengan memilih  dari empat opsi yang disediakan.

46

24.     Menulis teks singkat sesuai dengan konteks
·     Disajikan ilustrasi data , siswa dapat mengubah  data  tersebut menjadi teks singkat  dengan benar dengan memilih  dari empat opsi yang disediakan.
47

Menyunting kata, kalimat, paragraf
25.     Memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan paragraf
·     Disajikan paragraf dengan kalimat yang sumbang, siswa dapat memperbaiki  dengan benar dengan memilih  dari empat opsi yang disediakan.
48

Menyunting kesalahan ejaan dan tanda baca
26.     Menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan paragraf
·     Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan konjungsi , siswa dapat memilih konjungsi yang tepat dengan benar dengan memilih  dari empat opsi yang disediakan.
49

27.     Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tnda baca
·     Disajikan kalimat langsung dengan tanda baca dan ejaan yang salah, siswa dapat memilih kalimat yang benar dengan memilih  dari empat opsi yang disediakan.
50

28.     Menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
·      
51



0 komentar:

Posting Komentar

Design by CM Studio | Jasa Fotografi, Videografi dan Website, TERJANGKAU + BERKUALITAS ~> CM Studio