Jumat, 29 April 2016


           
Kurikulum                   : KTSP                                                                                                                                                Penyusun                     :  TIM MGMP
No.
Urut
StandarKompetensi
KompetensiDasar/ HasilBelajar/ Indikator
Materi
IndikatorSoal
No. Soal
1
11 Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai
11.1 Mengungkapkan hal-hal yang
 Dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif 
Pengungkapan hal-hal teladan dari tokoh yang diteladani
Disajikan penggalan biografi tokoh  siswa dapat memilih identitas tokohdengan benar dari empat opsi   yang disediakan  .
9
Disajikan penggalan biografi tokoh  siswa dapat memilih kesimpulan   kelebihan tokoh  dengan benar dari  empat opsi  yang disediakan.
10
Disajikanpenggalanbiografitokohsiswadapatmemilihinformasi yang terdapatpadaprofiltokohdenganbenardariempatopsi  yang disediakan.
11
Disajikan penggalan biografi tokoh siswa dapat memilih hal yang dapat diteladani dari tokoh dengan benar dari  empat opsi  yang disediakan.
12
Disajikanpenggalanbiografitokohsiswadapatmemilihkeistimewaantokohdenganbenardariempatopsi yang disediakan
13
11.2  Menemukan gagasan utama dalam dalam teks
Penemuan gagasan utama
Disajikanparagraf, siswadapatmemilihpertanyaan yang sesuaidenganisiparagrafdariempatopsi yang disediakandenganbenar.
1
Disajikanparagraf, siswadapatmemilihpernyataan yang sesuaidenganisiparagrafdariempatopsi yang disediakandenganbenar.
2
Disajikan paragraf,siswa dapat memilih gagasan utama dengan benar dari empat opsi yang disediakan.
3
Disajikanparagraf,siswadapatmemilihkalimatutamanyadenganbenardariempatopsi yang disediakan

4
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan kalimat pendapat dalam paragraf tersebut dariempatopsi yang disediakandenganbenar.
5
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan kalimat fakta  dalam paragraf tersebut dariempatopsi yang disediakandenganbenar.
6
Disajikanparagrafrumpang, siswadapatmenentukankalimat yang tepatuntukmelengkapiparagraftersebutdenganbenar dari empat opsi yang disediakan.
7
Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan simpulan paragraf tersebut dariempatopsi yang disediakandenganbenar.
8

11.3   Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram

Tabel
Disajikan tabel, siswa dapat memilih pernyataan yang tidak sesuai tabel tersebut dengan benar dari empat opsi yang disediakan.
14
Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan informasi yang tepat dari empat opsi yang disediakan.dengan benar.
15
Disajikan tabel, siswa dapat memilih kesimpulan  yang sesuai tabel tersebut dengan benar dari empat opsi yang disediakan.
16
Grafik
Disajikan grafik, siswa dapat memilih pernyataan yang tidak benar dari empat opsi yang disediakan dengan benar.
17
Disajikan grafik, siswa dapat memilih kesimpulan yang sesuai dengan grafik tersebut dari empat opsi yang disediakan dengan benar.
18
2.
12.1 Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat.
12.1 Mengubah teks wawancara menjadi  narasi

Penulisan teks narasi
Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat memilih kalimat pertanyaan untuk wawancara dengan benar dari empat opsi yang disediakan
19
Diajikan sebuah teks wawancara rumpang, siswa dapat melengkapi wawancara tersebut dari empat opsi yang disediakan dengan benar.
20
Diajikan sebuah teks wawancara, siswa dapat memilih kesimpulan isi wawancara dari empat opsi yang disediakan dengan benar.
21

Diajikan sebuah teks wawancara, siswa dapat memilih bentuk narasi dari teks di atas dari empat opsi yang disediakan dengan benar.
22
Diajikan sebuah teks wawancara, siswa dapat memilih kalimat dalam teks wawancara yang menggunakan kata sapaan dari empat opsi yang disediakan dengan benar.
23
Disajikan sebuah kalimat langsung, siswa dapat memilih perubahan kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung dari empat opsi yang disediakan dengan benar.
24
Disajikan sebuah ilustrasi kalimat tak langsung, siswa dapat memilih penulisan kalimat langsung dari empat opsi yang disediakan dengan benar.
25
Disajikan empat kalimat, siswa dapat memilih kalimat tak langsung dari empat opsi yang disediakan dengan benar.
26
12.2 Menulis pesan singkat sesuai
        dengan isi, dengan menggu-nakan  kalimat efektif dan bahasa yang    santun
Penulisan pesan singkat
Disajikanpenggalanpesansingkat,siswadapatmemilihisinyadenganbenardariempatopsi yang disediakan.
27
Disajikan  pesan singkat, siswa dapat menentukan bagian  pesan singkat yang benar dari empat opsi yang disediakan.
28
Disajikanilustrasi,siswadapatmemilihpenulisanpesansingkat yang benardariempatopsi yang disediakan.
29
Disajikan penggalan pesan singkat, siswa dapat memilih pesan singkat yang benar dari empat opsi yang disediakan.
30
3
15. Memahami wacana sastra melalui  kegiatan membaca puisi dan buku cerita 

15.2  Menemukan realitas kehidupan   anak yang terefleksi dalam buku  cerita anak baik asli maupun terjemahan.



Realitas kehidupan dalam cerita anak
Disajikanpenggalanceritaanak,siswadapatmenentukanwatak tokohnya denganbenardariempatopsi yang disediakan.
45
Disajikanpenggalanceritaanak,siswadapatmenunjuk-kanbukti watak tokoh denganbenardariempatopsi yang disediakan.

46
Disajikanpenggalanceritaanak,siswadapatmenentukanlatar waktunya  denganbenardariempatopsi yang disediakan.
47
Disajikanpenggalanceritaanak,siswadapatmenentukansudut pandang pengarang denganbenardariempatopsi yang disediakan.
48
Disajikanpenggalanceritaanak,siswadapatmenentukanamanatnya denganbenardariempatopsi yang disediakan.
49


Disajikanpenggalanceritaanak,siswadapatmemilihpesan/nilaimoralnyadenganbenardariempatopsi yang disediakan.
50
4.
16.  Mengungkapkan keindahan alam  dan pengalaman melalui kegiatan  menulis kreatif puisi
16.1   Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam


- Penulisanpuisiberkenaandengan
keindahanalam
Disajikansebuahpuisirumpang,siswadapatmemilihkalimatuntukmelengkapinyadenganbenardariempatopsi yang disediakan.
37
Disajikanpenggalanpuisi, siswadapatmemilihtemapuisidenganbenardariempatopsi yang disediakan.
38
Disajikanpenggalanpuisi, siswadapatmemilihcitraanpuisidenganbenardariempatopsi yang disediakan.
39
Disajikanpuisi,siswadapatmemilihsuasana yang terdapatpadapuisidariempatopsi yang disediakan.
40
Disajikanpuisi, siswadapatmemilihisipuisidenganbenarbenardariempatopsi yang disediakan.
41
Disajikanpuisi,siswadapatmemilihperasaan yang adadalampuisidenganbenardariempatopsi yang disediakan.
42
Disajikanpuisi,siswadapatmemilihamanatpuisidenganbenardariempatopsi yang disediakan.

43
16.2 Menulis kreatif puisi berke­na­an dengan pe­ristiwa yang pernah dialami

Disajikan ilustrasi, siswa dapat memilih puisi yang tepat sesuaiilustrasidariempatopsi yang disediakan.
44


Kebahasaan
Menyunting
Disajikan paragraf dengan pilihan kata yang kurang tepat, siswa dapat menyunting pilihan kata dengan benardariempatopsi yang disediakan.
31
Disajikanparagraf dengankalimatsumbang, siswadapatmenyuntingkalimatsumbangdenganbenardariempatopsi yang disediakan.
32
Disajikankalimatacak, siswadapatmenyusunmenjadiparagraf yang padudenganbenardariempatopsi yang disediakan.
33
Disajikankalimattidakefektif, siswadapatmengubahmenjadikalimatefektifdenganbenardariempatopsi yang disediakan.
34
Ungkapan
Disajikankalimatrumpang, siswadapatmelengkapidenganungkapan yang benardariempatopsi yang disediakan.
35
Kalimat berita
Disajikan beberapa kalimat berita negatif, siswa dapat memilih penggunaan kata ingkar yang benardariempatopsi yang disediakan.

36


0 komentar:

Posting Komentar

Design by CM Studio | Jasa Fotografi, Videografi dan Website, TERJANGKAU + BERKUALITAS ~> CM Studio