Jenis Sekolah : SMP Alokasi waktu : 120 menit
Kelas / semester : VIII / 2
Penyusun : TIM MGMP
No.
Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar/
Hasil Belajar/ Indikator
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
1.
|
11. Memahami
ragam wacana tulis dengan membaca
ekstensif, membaca intensif, dan membaca
nyaring
|
11.1 Menemukan masalah utama dari
beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif
|
Ide pokok paragraf
|
Disajikan paragraf siswa dapat menentukan ide pokok
paragraf tersebut dari empat opsi
yang disediakan dengan benar
|
4
|
Disajikan paragraf siswa dapat menentukan kalimat utama
paragraf tersebut dari empat opsi yang disediakan dengan
benar
|
3
|
||||
Disajikan paragraf rumpang bagian kalimat utamanya siswa
dapat menentukan kalimat utama paragraf
tersebut dari empat opsi
yang disediakan dengan benar
|
5
|
||||
Pertanyaan paragraf
|
Disajikan
sebuah paragraf siswa dapat menentukan
kalimat pernyataan yang sesuai dengan paragraf
tersebut dari empat opsi yang disediakan dengan benar.
|
2
|
|||
Disajikan
sebuah paragraf siswa dapat menentukan
pertanyaan yang jawabnya ada dalam
paragraf tersebut dari
empat opsi yang disediakan dengan benar
|
1
|
||||
Kesimpulan paragraf
|
Disajikan
paragraf siswa dapat menentukan kesimpulan yang tepat dari empat opsi yang disediakan dengan
benar
|
6
|
|||
Fakta dan opini
|
Disajikan
bacaan singkat siswa dapat menentukan kalimat yang berisi fakta dari empat opsi yang disediakan dengan
benar
|
7
|
|||
Disajikan
becaan siswa dapat menentukan kalimat yang berisi opini dari empat opsi yang disediakan dengan
benar
|
8
|
||||
11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi
melalui membaca intensif
|
Teks Berita
|
Disajikan dua
berita dari sumber yang
berbeda siswa dapat
menentukan persamaan isinya dari empat opsi yang disediakan dengan benar
|
9
|
||
Disajikan dua
berita dari sumber yang
berbeda siswa dapat
menentukan perbedaan penyajiannya
dari empat opsi yang disediakan dengan benar
|
10
|
||||
Disajikan ilustrasi siswa dapat menentukan bahan diskusi
yang bagus dari empat opsi yang
disediakan dengan benar
|
11
|
||||
|
|
Disajikan pernyataan persetujuan dalam diskusi, siswa
dapat memilih yang tepat dari
empat opsi yang disediakan dengan benar .
|
12
|
||
Disajikan pernyataan untuk menolak pendapat dalam diskusi,
siswa dapat memilih yang tepat
dari empat opsi yang disediakan dengan benar .
|
13
|
||||
2.
|
12. Mengungkapkan informasi dalam
bentuk rangkuman, teks berita,
slogan/poster
|
12.2 Menulis
teks berita secara singkat, padat, dan jelas
|
Teks berita
|
Disajikan
ilustrasi tentang berita siswa dapat menentukan isi teras berita dari empat opsi yang disediakan dengan
benar
|
14
|
Disajikan
berita siswa dapat menentukan waktu terjadinya perisiwa dari empat opsi yang disediakan dengan
benar
|
15
|
||||
Disajikan penggalan berita siswa dapat menentukan judul berita yang
menarik dari empat opsi
yang disediakan dengan benar
|
16
|
||||
Disajikan
langkah-langkah menyusun berita, siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari empat opsi yang disediakan dengan benar..
|
17
|
||||
Disajikan
kalimat berita acak, siswa dapat memilih susunan berita yang benar dari empat
opsi yang disediakan
|
18
|
||||
Disajikan teks
berita siswa dapat menentukan keberpihak-an penulis berita dari
empat opsi yang disediakan dengan benar
|
19
|
||||
Disajikan
berita singkat siswa dapat menentukan
komentar yang positif dari
empat opsi yang disediakan dengan benar
|
20
|
||||
12.1 Menulis
rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer
|
Rangkuman bacaan
|
Disajikan dua
paragraf siswa dapat menentukan rangkuman yang lengkap yang tepat dari empat opsi yang disediakan dengan
benar .
|
21
|
||
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat
yang bervariasi, serta persuasif
|
Poster, slogan, iklan
|
Disajikan
perbedaan poster dan iklan, siswa dapat memilih
hal yang bukan menunjukkan perbedaan dari empat opsi yang disediakan dengan
benar
|
22
|
||
Disajiakan
kalimat poster rumpang siswa dapat memilih kata yang tepat untuk melengkapi poster tersebut
dari empat opsi yang disediakan dengan benar .
|
23
|
||||
Disajikan
ilustrasi siswa dapat menentukan poster yang paling tepat dari empat opsi yang disediakan dengan
benar
|
24
|
||||
Disajiakan
kalimat slogan rumpang siswa dapat memilih kata yang tepat untuk melengkapi slogan tersebut
dari empat opsi yang disediakan dengan benar .
|
25
|
||||
Disajikan
ilustrasi siswa dapat memilih slogan yang tepat dari empat opsi yang disediakan dengan
benar ..
|
26
|
||||
3.
|
15.
Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi
|
15.1 Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel remaja
(asli atau terjemahan)
|
Penokohan
|
Disajikan cuplikan novel siswa dapat menentukan watak tokoh cerita tersebut dari empat opsi yang disediakan dengan
benar
|
43
|
Disajikan cuplikan novel siswa dapat menentukan bukti watak tokoh cerita tersebut dari empat opsi yang
disediakan dengan benar
|
44
|
||||
Disajikan
cuplikan novel siswa dapat menentukan konflik tokohnya
dari empat opsi yang
disediakan dengan benar
|
45
|
||||
Amanat
|
Disajikan
cuplikan novel siswa dapat menentukan amanat cerita tersebut dari empat opsi yang disediakan
dengan benar
|
46
|
|||
Setting
|
Disajikan
cuplikan novel siswa dapat menentukan setting tempat cerita tersebut dari empat opsi yang
disediakan dengan benar.
|
47
|
|||
Disajikan
cuplikan novel siswa dapat menentukan setting waktu cerita tersebut dari empat opsi yang
disediakan dengan benar
|
48
|
||||
Sudut pandangan
|
Disajikan
cuplikan novel siswa dapat menentukan sudur pandang cerita tersebut dari empat opsi yang
disediakan dengan benar
|
49
|
|||
Alur cerita
|
Disajikan cuplikan
novel siswa dapat menentukan tahapan alur cerita tersebut dari empat opsi yang disediakan
dengan benar
|
50
|
|||
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi
|
Ciri-ciri puisi
|
Disajikan
sebuah puisi siswa dapat menyebutkan ciri-cirinya dari empat opsi yang disediakan dengan benar.
|
32
|
||
|
Disajikan puisi
lama dan puisi baru, siswa dapat menentukan perbedaan keduanya dari empat
opsi yang disediakan dengan benar.
|
33
|
|||
4.
|
16. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan dalam puisi bebas
|
16.1 Menulis
puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai
|
Menulis Puisi
|
Disajikan puisi siswa dapat menentukan suasana puisi dari empat opsi yang disediakan dengan
benar.
|
34
|
Disajikan puisi
siswa dapat menentukan isi puisi dari yang tepat empat opsi yang disediakan dengan benar.
|
35
|
||||
Disajikan puisi siswa dapat menentukan citraan yang tepat dari empat opsi yang disediakan dengan
benar.
|
36
|
||||
Disajikan teks
puisi siswa dapat menentukan amanat yang terkandung dari teks puisi tersebut dari empat opsi yang disediakan dengan
benar.
|
37
|
||||
Disajikan puisi
rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan pilihan kata yang tepat dari empat
opsi yang disediakan dengan benar.
|
38
|
||||
16.2 Menulis puisi bebas dengan
memperhatikan unsur persajakan
|
Menulis Puisi
|
Disajikan puisi
siswa dapat menentukan rima yang tepat dari empat opsi yang disediakan dengan benar.
|
39
|
||
Disajikan puisi
siswa dapat menentukan larik yang bermajas sama dari empat opsi yang disediakan dengan benar.
|
40
|
||||
Disajikan puisi
rumpang siswa dapat menentukan diksi berdasarkan rimanya dari empat opsi yang disediakan dengan
benar.
|
41
|
||||
Disajikan
ilustrasi, siswa dapat memilih puisi yang sesuai dengan ilustrasi dengan
benar dari empat opsi yang disediakan
|
42
|
||||
|
|
Kebahasaan
|
Kata kajian/kata populer
|
Disajikan
sebuah paragraf siswa dapat menentukan
kata kajian di dalamnya dari
empat opsi yang disediakan dengan benar.
|
27
|
Kalimat majemuk
|
Disajikan dua
kalimat siswa dapat menentukan kata penghubung yang tepat agar kedua kalimat tersebut menjadi kalimat majemuk bertingkat yang
tepat dari empat opsi yang disediakan dengan benar.
|
28
|
|||
Disajikan
paragraf siswa dapat menentukan kalimat majemuk yang ada di dalamnya dari empat opsi yang disediakan dengan benar
|
29
|
||||
Kata sapaan
|
Disajikan
dialog siswa dapat menentukan kalimat yang terdapat kata sapaan dari empat opsi yang disediakan dengan
benar.
|
30
|
|||
Partikel pun
|
Disajikan empat buah kalimat
dengan partilel pun, siswa dapat memilih penulisan partikel pun yang benar dari empat opsi yang disediakan dengan
benar.
|
31
|
0 komentar:
Posting Komentar