MENDESAIN
BRANDING SEKOLAH
(1 JP)
A. Tujuan
Setelahmengikutisesiini,
Andadiharapkandapat: membuat deasain branding sekolah sebagai
ciri khas yang diunggulkan sekolahsesuai dengan nilai-nilai utama karakter
B. Petunjuk
- Buatlah
desain branding sekolah Anda
- Gunakan
LK berikut!
No
|
Komponen-komponen dalam menyusun branding
sekolah
|
Keterangan
|
|||
1
|
Visi sekolah.
|
Ada Prestasi
|
|||
2
|
Misi sekolah.
|
Akhlaq Mulia
-
Meningkatnya perilaku social keagamaan:
-
. Rajin sholat dhuha
-
Puasa
-
|
|||
3
|
Nilai-nilai inti (core value)
sekolah.
|
|
|||
4
|
Potensi
lingkungan (situasi sosial,
budaya,
kearifan lokal, dukungan sumber
daya
manusia di sekitar sekolah, dan
sumber-sumber
pembelajaran yang
tersedia).
|
|
|||
5
|
Keunikan
(ciri khas) sekolah.
|
|
|||
6
|
Keunggulan
sekolah.
|
|
|||
7
|
Kekuatan
sekolah.
|
|
|||
8
|
Branding
sekolah yang dipilih.
|
|
|||
9
|
Alasan
pemilihan branding.
|
|
|||
10
|
Nilai-nilai
utama karakter yang
diprioritaskan
dalam branding sekolah.
|
|
|||
11
|
Jalinan
nilai utama dengan nilai-nilai utama PPK yang lain.
|
|
- Presentasikandi depan forum
untukmendapatkanmasukandaripesertalainnya.
- Refleksi
pleno(bersama) setelah
memperhatikanpresentasidaripeserta yang
maju
SELAMAT
BEKERJA
Skenario PPK BLembar Kerja 2.2
PENGEMBANGAN
KOLABORASI JARINGAN TRI PUSAT
(1 JP)
A. Tujuan
Setelahmengikutisesiini,
Andadiharapkandapat: melakukan identifikasi kegiatan-kegiatan Kepala
Sekolah yang mencerminkan strategi untuk mengembangkan jaringan tripusat
pendidikan dalam implementasi PPK
B. Petunjuk
- Kelas di bagidalamkelompok, tiapkelompokberanggotakan5-6 orang
- Lakukansharring di kelompokAndauntukmengidentifikasi
kegiatan-kegiatan yang sudah Anda lakukan untuk mengembangkan jaringan tri
pusat pendidikan dalam implementasi PPK
- Gunakan
salah satu contoh sekolah di kelompok Anda untuk mengisi LK
No
|
Strategi
Pengembangan Jaringan
Tripusat Pendidikan
|
Kegiatan
|
1
|
Membangun komunikasi
|
-
Sosialisasi Tripusat
-
Rapat dengan komite
-
Komunikasi dengan Alumni
-
Konsulidasi dengan stake
holder
-
Konsulidasi dengan lintas
sektoral
-
Konsulidasi dengan
-
|
2
|
Mengembangkan
relasi dengan komunitas/
masyarakat.
|
-
-
|
3
|
Peningkatan
partisipasi masyarakat.
|
|
- Presentasikandi depan forum
untukmendapatkanmasukandaripesertalainnya.
- Refleksi
pleno(bersama) setelah
memperhatikanpresentasidarikelompok yang maju
SELAMAT
BEKERJA
erbasis Kelas
Tujuan:
1. Peserta memahami langkah-langkah pelaksanaan PPK
berbasis kelas melalui pembelajaran.
2. Peserta terampil menyusun skenario PPK berbasis
kelas.
3.
Peserta mampu
memodelkan proses belajar mengajar yang sekaligus menguatkan pendidikan
karakter siswa melalui mata pelajaran, metode mengajar, dan pengelolaan kelas
sekaligus melakukan supervise pembelajaran.
Petunjuk:
1.
Bentuk kelompok
beranggota 4-5 orang.
2. Pilihlah salah satu KD pada mata pelajaran
tertentu, lalu susunlah skenario pembelajaran yang mengintegrasikan PPK pada
tabel di bawah.
3.
Lakukan peer
teaching sesuai skenario yang disusun.
4.
Refleksi dan diskusi.
Sekolah : SMP NEGERI 1
KARANGREJO mMAG……..
Materi
Pelajaran :
……………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………..
Materi
Pokok :
……………………………………..
Alokasi
Waktu : 15 menit
Kompetensi
Dasar : ……………………………………..
Indikator :
…………………………………….. (minimal 2 karakter)
Fokus
penguatan karakter : ……………………………………..
Metode :
……………………………………..
Media
Pembelajaran :
……………………………………..
Langkah-langkah
Kegiatan :
Waktu
|
Langkah-langkah
|
Teknik
|
Pendahuluan
2
menit
|
|
|
Kegiatan
Inti
10 menit
|
|
|
Kegiatan
Akhir
3 menit
|
|
|
Catatan:
1. teknik yang dimaksud adalah teknik dari
metode pembelajaran tertentu;
2. satu langkah ditulis dalam satu nomor; dan
3. refleksi karakter imbas
4. ketika skenario
pembelajaran ini dipraktikkan dalam peer teaching, guru yang berperan
sebagai observer melakukan supervisi dengan instrument terlampir.
SELAMAT BEKERJA!
Lembar Observasi/Instrumen Supervisi
Kepala Sekolah
Terhadap Guru Model Peer Teaching*)
Guru Model : ………………………..
Observer : ………………………..
NO
|
INDIKATOR / ASPEK
YANG DIAMATI
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
A.
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
|
|
|
1.
Mengkondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan
|
|
|
|
|
2.
Membuka pembelajaran dengan doa
|
|
|
|
|
3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
B.
|
Kegiatan
Inti
|
|
|
|
|
1.
Menguasai materi pembelajaran
|
|
|
|
|
2.
Performance guru berkarakter
|
|
|
|
|
3.
Guru menggunakan
bahasa yang baik dan benar
|
|
|
|
|
4.
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
|
|
|
|
|
5.
Melaksanakan
pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik.
|
|
|
|
|
6.
Memilih dan menerapkan metode yang dapat menanamkan
nilai karakter
|
|
|
|
|
7.
Menggunakan media secara efektif dan efisiendan
menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter
|
|
|
|
|
8.
Memantau kemajuan belajar selama proses pembelajaran
|
|
|
|
C.
|
Kegiatan
Penutup
|
|
|
|
|
1.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan
melibatkan siswa
|
|
|
|
|
2.
Menutup dengan doa
|
|
|
|
Kesimpulan:
1. Nilai-nilai karakter yang tampak pada:
a.
kegiatan
pendahuluan ………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………..
b.
kegiatan
inti……………………………………………………………………………....
……………………………………………………………………………………………..
c.
kegiatan
penutup………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………….
2. Hal-hal lain:
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
Saran-saran:
……………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………..
*)
Contoh
instrument di atas dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.
0 komentar:
Posting Komentar