RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas : VII
Semester : 1 ( satu
)
Alokasi Waktu : 2 pertemuan ( 6 X 40 menit )
A. Kompetensi
inti :
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar
:
3.1
Mengidentifikasi konseptual,
operasional dan sintesis seni rupa
4.2
Menggambar ragam hias daerah
C. Indikator Pencapaian kompetensi
1. Mengidentifikasi karya ragam hias daerah
2. Menemukan keunikan karya ragam hias daerah
3. Mempresentasikan gagasan, fungsi,teknik pembuatan dan makna
karya ragam
hias daerah
4. Menggambar ragam hias daerah
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah
membaca beberapa sumber, diskusi kelompok, dan menyajikan hasil diskusi,
peserta didik diharapkan dapat:
1. Mengidentifikasi karya seni rupa daerah dan
memahami Kompetensi Spiritual
2. Menemukan keunikan karya seni daerah
3. Mempresentasikan gagasan, fungsi,teknik pembuatan dan
makna karya seni
rupa daerah dan memahami
Kompetensi Sosial
4. Menggambar salah satu ragam hias daerah dengan media cat air
E. Materi Pembelajaran
1. Jenis, bahan,fungsi, teknik pembuatan dan makna karya seni
rupa daerah
2. Motif-motif ragam hias daerah
3. Teknik pewarnaan dengan media cat air
F. Metode Pembelajaran
1. Contactual Teaching and Learning
2. Demonstrasi
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
a. Pendahuluan (10 menit )
Berdoa
- Memeriksa kehadiran siswa dan keadaan siswa
Menyampaikan Kompetensi dasar yang akan dipelajari
Membagi kelompok
Menanyakan apa yang diketahui oleh peserta didik tentang ragam
hias daerah
b. Kegiatan inti
Kegiatan Explorasi : (10 menit
- Peserta didik melihat tayangan media
elektronik tentang berbagai ragam hias
daerah
- Peserta didik mengidentifikasi ragam hias dari
daerah mana, apa namanya,
diaplikasikan pada bahan apa saja dan
bagaimana teknik pembuatannya
Kegiatan Elaborasi (40 menit )
- Dalam diskusi kelompok Peserta didik
mengidentifikasi ragam hias dari daerah
mana,
apa namanya, diaplikasikan pada bahan
apa saja dan bagaimana teknik
pembuatannya
- Kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
Kegiatan Konfirmasi (10 menit )
-
Guru memberikan komentar
sebagai umpan balik berkaitan dengan
hasil
presentasi dan tanggapan kelompok lain.
-
Guru memberi kesimpulan dari kegiatan pembelajaran
yang telah dilakukan
c. Penutup (10 menit )
-
Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
-
Refleksi :
Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap Karya ragam hias
-
Guru menginformasikan kepada peserta didik untuk
membawa buku gambar dan cat air.
-
Berdoa.
Pertemuan 2
a. Pendahuluan (10 menit )
Berdoa
- Memeriksa kehadiran siswa dan keadaan siswa
Menyampaikan Kompetensi dasar yang akan dipelajari
Menanyakan alat dan bahan apa saja yang harus dipersiapkan
b. Kegiatan inti
Kegiatan Explorasi : (10 menit
- Peserta didik mencoba mencampur warna
- Peserta didik menemukan hasil campuran warna
- Peserta didik mengamati demonstrasi mewarnai
gambar
Kegiatan Elaborasi (40 menit )
- Peserta didik membuat sketsa gambar ragam
hias dari daerah
- Peserta didik mewarnai gambar dengan panduan
dan bimbingan guru
Kegiatan Konfirmasi (10 menit )
-
Guru memberikan komentar
sebagai umpan balik berkaitan dengan
hasil gambar
yang telah dibuat oleh peserta didik.
-
Guru memberi kesimpulan dari kegiatan pembelajaran
yang telah dilakukan
c. Penutup (10 menit )
-
Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
-
Guru menginformasikan kepada peserta didik untuk
menyelesaikan gambarnya di rumah
-
Berdoa.
H. Sumber Belajar : Media
Cetak, media elektronik, lingkungan sekitar.
I. Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilai an
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Mempresentasikan gagasan, fungsi,teknik pembuatan dan
makna karya ragam hias daerah
Menggambar salah satu ragam hias daerah dengan media
cat air
|
Lembar observasi
Tes praktik/kinerka
|
Lembar identifikasi
Uju petik kerja produk
|
Presentasikan hasil diskusi kelompokmu yang berupa
tanggapan tentang gagasan, fungsi,teknik pembuatan dan makna karya ragam hias daerah
Buatlah gambar
ragam hias dari daerahmu dan warnai gambarmu menggunakan cat air
|
No.
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
Kriteria Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Sketsa gambar
|
|
|
|
|
|
2
|
Teknik pewarnaan
|
|
|
|
|
|
3
|
Finishing
|
|
|
|
|
|
4
|
Orisinalitas
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
20
|
Keterangan :
1 = sangat
kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik,
5 = sangat baik
Panduan Penskoran:
Nilai = Jumlah perolehan x 100 %
Skor
maksimum
...............................................
Mengetahui :
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran,
0 komentar:
Posting Komentar