Rabu, 08 Februari 2017

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
KURIKULUM 2006TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MATA PELAJARAN:ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Level Kognitif
Lingkup Materi
KEANEKARAGAMAN BENTUK MUKA BUMI, GEJALA GEOSFER DAN KEPENDUDUKAN
SOSIALISASI DAN PERUBAHAN SOSIAL
PERKEMBANGAN MASYARAKAT KEBUDAYAAN DAN PEMERINTAHAN SEJAK PRA-AKSARA SAMPAI DENGAN MEMPERTAHANKAN NKRI
KEGIATAN PEREKONOMIAN INDONESIA, KERJA SAMA DAN LEMBAGA EKONOMI INTERNASIONAL

Pengetahuan dan
Pemahaman
  Memahami
  Mengidentifikasi
  Menjelaskan
  Menyebutkan
  Mendeskripsikan
Memberi contoh
  Menentukan
  Menunjukkan
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-       keragaman bentuk muka bumi dengan aktivitas penduduk
-       proses pembentukan muka bumi
-       gejala atmosfer
-       gejala hidrosfer
-       kondisi geografik dengan penduduk
-       peta, atlas dan globe
-       Asia Tenggara
-       negara berkembang, negara maju
-       benua dan samudera

Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-     penduduk
-     proses sosial
-     bentuk-bentuk interaksi sosial
-     perubahan sosial
-     penyimpangan sosial
-     lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan

Peserta didik mampu memahami kehidupan sosial, ekonomi, budaya masyarakat pra-aksara, masa Hindu-Budha, masa Islam serta peninggalannya, masa kolonialisme, masa pergerakan nasional,
persiapan proklamasi
kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan

Peserta didik mampu memahami dan menguasai  tentang:
-        Pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar
-        Gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-        Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
-        Badan-badan  Kerjasama internasional/ regional
-          -Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-        Permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga
-        Uang dan lembaga keuangan

Aplikasi
  Mengklasifikasi
  Menghitung
  Menggunakan
  Menyelesaikan
  Menerapkan
  Menentukan
  Membedakan
  Memprediksi
  Menginterpretasikan
  Memberi contoh
  Menemukan
  Menghubungkan

Peserta didik mampu menentukan penyelesaian
-          keragaman bentuk muka bumi dengan aktivitas penduduk
-          proses pembentukan muka bumi
-          kondisi geografik dengan penduduk
-          sketsa, pengetahuan peta, atlas dan globe
-          Asia Tenggara
-          negara berkembang, negara maju
-          benua dan samudera

Peserta didik mampu menentukan penyelesaian
permasalahan:
-      penduduk
-      proses sosial
-      bentuk-bentuk interaksi sosial
-      perubahan sosial
-      penyimpangan sosial
-      lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masa pra-aksara, Hindu-Budha, Islam, kolonialisme, liberalisme, masa pergerakan nasional,
persiapan proklamasi
kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan

Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan

-        Pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar
-        Gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-        Kelangkaan sumberdaya dan kebutuhan manusia
-        Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
-        Sistem ekonomi dan pajak
-        Penerapan pajak dalam kehidupan sehari-hari-hari berdasarkan data
-          Pemeranan pemerintah dalam upaya menanggulangi ketenaga kerjaan
-          -Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-        Permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga
-        Uang dan lembaga keuangan

Penalaran
  Menganalisis
  Memprediksi
  Membuktikan
  Mengkombinasi
  Membandingkan
  Menyimpulkan
  Mengevaluasi
 Mensintesis

Peserta didik mampu menganalisis tentang:
-          keragaman bentuk muka bumi dengan aktivitas penduduk
-          proses pembentukan muka bumi
-          kondisi geografik dengan penduduk

Peserta didik mampu menganalisis tentang:
-       -penduduk
-       proses sosial
-       bentuk-bentuk interaksi sosial
-       perubahan sosial
-       penyimpangan sosial
-       lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
               
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji konsep-konsep kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik masa pra-aksara, masa Hindu-Budha, Islam, kolonialisme, danliberalisme

Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam memecahkan masalah tentang:
-          -Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-        Uang dan lembaga keuangan




0 komentar:

Posting Komentar

Design by CM Studio | Jasa Fotografi, Videografi dan Website, TERJANGKAU + BERKUALITAS ~> CM Studio