KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
KURIKULUM 2006TAHUN PELAJARAN
2016/2017
MATA
PELAJARAN:ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
|||
KEANEKARAGAMAN
BENTUK MUKA BUMI, GEJALA GEOSFER DAN KEPENDUDUKAN
|
SOSIALISASI DAN
PERUBAHAN SOSIAL
|
PERKEMBANGAN
MASYARAKAT KEBUDAYAAN DAN PEMERINTAHAN SEJAK PRA-AKSARA SAMPAI DENGAN
MEMPERTAHANKAN NKRI
|
KEGIATAN
PEREKONOMIAN INDONESIA, KERJA SAMA DAN LEMBAGA EKONOMI INTERNASIONAL
|
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
Memahami
Mengidentifikasi
Menjelaskan
Menyebutkan
Mendeskripsikan
Memberi contoh
Menentukan
Menunjukkan
|
Peserta
didik mampu memahami dan menguasai:
-
keragaman bentuk muka bumi
dengan aktivitas penduduk
-
proses pembentukan muka
bumi
-
gejala atmosfer
-
gejala hidrosfer
-
kondisi geografik dengan
penduduk
-
peta, atlas dan globe
-
Asia Tenggara
-
negara berkembang, negara
maju
-
benua dan samudera
|
Peserta
didik mampu memahami dan menguasai:
-
penduduk
-
proses sosial
-
bentuk-bentuk interaksi
sosial
-
perubahan sosial
-
penyimpangan sosial
-
lingkungan hidup
pembangunan berkelanjutan
|
Peserta didik mampu memahami kehidupan sosial, ekonomi, budaya masyarakat
pra-aksara, masa Hindu-Budha, masa Islam serta peninggalannya, masa
kolonialisme, masa pergerakan nasional,
persiapan proklamasi
kehidupan sosial, ekonomi,
politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
|
Peserta didik mampu memahami dan
menguasai tentang:
-
Pelaku ekonomi badan
usaha, koperasi dan pasar
-
Gagasan kreatif dalam
tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-
Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang
bermoral
-
Badan-badan Kerjasama internasional/ regional
-
-Tindakan ekonomi dan
kegiatan ekonomi
-
Permintaan dan penawaran serta terbentuknya
harga
-
Uang dan lembaga keuangan
|
Aplikasi
Mengklasifikasi
Menghitung
Menggunakan
Menyelesaikan
Menerapkan
Menentukan
Membedakan
Memprediksi
Menginterpretasikan
Memberi contoh
Menemukan
Menghubungkan
|
Peserta
didik mampu menentukan penyelesaian
-
keragaman bentuk muka bumi
dengan aktivitas penduduk
-
proses pembentukan muka
bumi
-
kondisi geografik dengan
penduduk
-
sketsa, pengetahuan peta,
atlas dan globe
-
Asia Tenggara
-
negara berkembang, negara
maju
-
benua dan samudera
|
Peserta didik
mampu menentukan penyelesaian
permasalahan:
-
penduduk
-
proses sosial
-
bentuk-bentuk interaksi
sosial
-
perubahan sosial
-
penyimpangan sosial
-
lingkungan hidup
pembangunan berkelanjutan
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang kehidupan
sosial, ekonomi, budaya, politik masa pra-aksara, Hindu-Budha, Islam,
kolonialisme, liberalisme, masa pergerakan nasional,
persiapan proklamasi
kehidupan sosial, ekonomi,
politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan
-
Pelaku ekonomi badan
usaha, koperasi dan pasar
-
Gagasan kreatif dalam
tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-
Kelangkaan sumberdaya dan
kebutuhan manusia
-
Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang
bermoral
-
Sistem ekonomi dan pajak
-
Penerapan pajak dalam
kehidupan sehari-hari-hari berdasarkan data
-
Pemeranan pemerintah
dalam upaya menanggulangi ketenaga kerjaan
-
-Tindakan ekonomi dan
kegiatan ekonomi
-
Permintaan dan penawaran serta terbentuknya
harga
-
Uang dan lembaga keuangan
|
Penalaran
Memprediksi
Membuktikan
Mengkombinasi
Membandingkan
Menyimpulkan
Mengevaluasi
Mensintesis
|
Peserta didik mampu menganalisis tentang:
-
keragaman bentuk muka bumi
dengan aktivitas penduduk
-
proses pembentukan muka
bumi
-
kondisi geografik dengan
penduduk
|
Peserta
didik mampu menganalisis tentang:
-
-penduduk
-
proses sosial
-
bentuk-bentuk interaksi
sosial
-
perubahan sosial
-
penyimpangan sosial
-
lingkungan hidup
pembangunan berkelanjutan
|
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji konsep-konsep
kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik masa pra-aksara, masa
Hindu-Budha, Islam, kolonialisme, danliberalisme
|
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam memecahkan masalah tentang:
-
-Tindakan ekonomi dan
kegiatan ekonomi
-
Uang dan lembaga keuangan
|
0 komentar:
Posting Komentar