KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
KURIKULUM 2013TAHUN PELAJARAN
2016/2017
Level Kognitif
|
ASPEK KERUANGAN
DAN KONEKTIVITAS ANTAR RUANG DAN WAKTU
|
KELEMBAGAAN SOSIAL
DAN DINAMIKA INTERAKSI MANUSIA
|
PERKEMBANGAN
MASYARAKAT KEBUDAYAAN DAN PEMERINTAHAN SEJAK PRA-AKSARA SAMPAI DENGAN
MEMPERTAHANKAN NKRI
|
KEGIATAN
PEREKONOMIAN INDONESIA, KERJA SAMA DAN LEMBAGA EKONOMI INTERNASIONAL
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
Memahami
Mengidentifikasi
Menjelaskan
Menyebutkan
Mendeskripsikan
Memberi contoh
Menentukan
Menunjukkan
|
Siswa mampu memahami dan menguasai aspek keruangan dan konektivitas
antar ruang dan waktu dalam aspek regional: letak
Indonesia, geologis, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis dengan
aktivitas manusia,bentuk muka bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia
tenggara, negara maju/berkembang.
|
Siswa mampu memahami dan menguasai:
-
penduduk
-
proses
sosial
-
bentuk-bentuk
interaksi sosial
-
perubahan
sosial
-
penyimpangan
sosial
-
keragaman
sosial dan budaya
-
lingkungan
hidupdan pembangunan berkelanjutan
-
fungsi
dan peran lembaga sosial
|
Peserta didik mampu memahami kehidupan sosial, ekonomi, budaya masyarakat
pra-aksara, masa Hindu-Budha, masa Islam serta peninggalannya, masa
kolonialisme, masa pergerakan dan pembangunan nasional,persiapan proklamasi, kehidupan
sosial, ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
|
Peserta didik mampu
memahami dan menguasai tentang:
-
Pelaku
ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar
-
Manusia sebagai makhluk
sosial dan ekonomi yang bermoral
-
Badan-badan Kerjasama internasional/ regional
-
Kegiatan
ekspor dan impor
-
-Tindakan
ekonomi dan kegiatan ekonomi
-
Permintaan dan penawaran
serta terbentuknya harga
-
Uang dan lembaga keuangan
|
Aplikasi
Mengklasifikasi
Menghitung
Menggunakan
Menyelesaikan
Menerapkan
Menentukan
Membedakan
Memprediksi
Menginterpretasikan
Memberi contoh
Menemukan
Menghubungkan
|
Siswa mampu menentukan penyelesaianaspek keruangan dan konektivitas
antar ruang dan waktu dalam aspek nasional:
letak Indonesia, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis dengan
aktivitas manusia,bentuk muka bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia
tenggara, negara maju/berkembang.
|
Siswa mampu menentukan penyelesaian
permasalahan:
-
penduduk
-
proses
sosial
-
bentuk-bentuk
interaksi sosial
-
perubahan
sosial
-
penyimpangan
sosial
-
lingkungan
hiduppembangunan berkelanjutan
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan
dan pemahaman tentang kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masa
pra-aksara, Hindu-Budha, Islam, kolonialisme, liberalisme, masa pergerakan
dan pembangunan nasional,persiapan proklamasi, kehidupan sosial, ekonomi,
politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
|
Peserta didik mampu
mengaplikasikan pengetahuan
-
Pelaku
ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar
-
Gagasan
kreatif dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-
Kelangkaan
sumberdaya dan kebutuhan manusia
-
Manusia sebagai makhluk
sosial dan ekonomi yang bermoral
-
Sistem
ekonomi dan pajak
-
Badan-badan Kerjasama internasional/ regional
-
Penerapan
pajak dalam kehidupan sehari-hari-hari berdasarkan data
-
Pemeranan
pemerintah dalam upaya menanggulangi ketenaga kerjaan
-
-Tindakan
ekonomi dan kegiatan ekonomi
-
Permintaan dan penawaran
serta terbentuknya harga
-
Uang dan lembaga keuangan
|
Penalaran
Menganalisis
Memprediksi
Membuktikan
Mengkombinasi
Membandingkan
Menyimpulkan
Mengevaluasi
Mensintesis
|
Siswa
mampu menganalisis tentang aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan
waktu dalam aspek Nusantara: letak
Indonesia, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis dengan aktivitas
manusia,bentuk muka bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia tenggara, negara
maju/berkembang.
|
Siswa mampu menganalisis tentang:
-
-penduduk
-
proses
sosial
-
bentuk-bentuk
interaksi sosial
-
perubahan
sosial
-
penyimpangan
sosial
-
lingkungan
hidup pembangunan berkelanjutan
|
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji
konsep-konsep kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik masa pra-aksara,
masa Hindu-Budha, Islam, kolonialisme, danliberalisme masa pergerakan dan
pembangunan nasional,persiapan proklamasi, kehidupan sosial, ekonomi,
politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
|
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam memecahkan
masalah tentang:
-
-Tindakan
ekonomi dan kegiatan ekonomi
-
Uang dan lembaga keuangan
|
0 komentar:
Posting Komentar