Rabu, 08 Februari 2017

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
KURIKULUM 2013TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MATA PELAJARAN:ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Level Kognitif
ASPEK KERUANGAN DAN KONEKTIVITAS ANTAR RUANG DAN WAKTU
KELEMBAGAAN SOSIAL DAN DINAMIKA INTERAKSI MANUSIA
PERKEMBANGAN MASYARAKAT KEBUDAYAAN DAN PEMERINTAHAN SEJAK PRA-AKSARA SAMPAI DENGAN MEMPERTAHANKAN NKRI
KEGIATAN PEREKONOMIAN INDONESIA, KERJA SAMA DAN LEMBAGA EKONOMI INTERNASIONAL

Pengetahuan dan
Pemahaman
  Memahami
  Mengidentifikasi
  Menjelaskan
  Menyebutkan
  Mendeskripsikan
Memberi contoh
  Menentukan
  Menunjukkan
Siswa mampu memahami dan menguasai aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam aspek regional:  letak Indonesia, geologis, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis dengan aktivitas manusia,bentuk muka bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia tenggara, negara maju/berkembang.


Siswa mampu memahami dan menguasai:
-     penduduk
-     proses sosial
-     bentuk-bentuk interaksi sosial
-     perubahan sosial
-     penyimpangan sosial
-     keragaman sosial dan budaya
-     lingkungan hidupdan pembangunan berkelanjutan
-     fungsi dan peran lembaga sosial
Peserta didik mampu memahami kehidupan sosial, ekonomi, budaya masyarakat pra-aksara, masa Hindu-Budha, masa Islam serta peninggalannya, masa kolonialisme, masa pergerakan dan pembangunan nasional,persiapan proklamasi, kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
Peserta didik mampu memahami dan menguasai  tentang:
-        Pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar
-        Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
-        Badan-badan  Kerjasama internasional/ regional
-        Kegiatan ekspor dan impor
-          -Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-        Permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga
-        Uang dan lembaga keuangan
Aplikasi
  Mengklasifikasi
  Menghitung
  Menggunakan
  Menyelesaikan
  Menerapkan
  Menentukan
  Membedakan
  Memprediksi
  Menginterpretasikan
  Memberi contoh
  Menemukan
  Menghubungkan

Siswa mampu menentukan penyelesaianaspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam aspek nasional: letak Indonesia, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis dengan aktivitas manusia,bentuk muka bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia tenggara, negara maju/berkembang.

Siswa mampu menentukan penyelesaian
permasalahan:
-       penduduk
-       proses sosial
-       bentuk-bentuk interaksi sosial
-       perubahan sosial
-       penyimpangan sosial
-       lingkungan hiduppembangunan berkelanjutan


Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masa pra-aksara, Hindu-Budha, Islam, kolonialisme, liberalisme, masa pergerakan dan pembangunan nasional,persiapan proklamasi, kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan


Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan

-        Pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar
-        Gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-        Kelangkaan sumberdaya dan kebutuhan manusia
-        Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
-        Sistem ekonomi dan pajak
-        Badan-badan  Kerjasama internasional/ regional
-        Penerapan pajak dalam kehidupan sehari-hari-hari berdasarkan data
-          Pemeranan pemerintah dalam upaya menanggulangi ketenaga kerjaan
-          -Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-        Permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga
-        Uang dan lembaga keuangan
Penalaran
  Menganalisis
  Memprediksi
  Membuktikan
  Mengkombinasi
  Membandingkan
  Menyimpulkan
  Mengevaluasi
 Mensintesis

Siswa mampu menganalisis tentang aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam aspek Nusantara: letak Indonesia, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis dengan aktivitas manusia,bentuk muka bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia tenggara, negara maju/berkembang.






Siswa mampu menganalisis tentang:
-        -penduduk
-        proses sosial
-        bentuk-bentuk interaksi sosial
-        perubahan sosial
-        penyimpangan sosial
-        lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
               







Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji konsep-konsep kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik masa pra-aksara, masa Hindu-Budha, Islam, kolonialisme, danliberalisme masa pergerakan dan pembangunan nasional,persiapan proklamasi, kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan



Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam memecahkan masalah tentang:
-          -Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-        Uang dan lembaga keuangan





0 komentar:

Posting Komentar

Design by CM Studio | Jasa Fotografi, Videografi dan Website, TERJANGKAU + BERKUALITAS ~> CM Studio